Kasasi, tindakan sementara dari Pengadilan Remaja – Studio Legale Bet & Associati dapat digugat

Pengadilan Kasasi dengan perintah baru-baru ini telah mengubah orientasi yang menurutnya tidak mungkin untuk menantang tindakan sementara, khususnya Pengadilan Anak.

Para pihak, berdasarkan putusan ini, sebenarnya akan dapat menantang keputusan sementara dan mendesak tentang hak asuh anak di bawah umur yang mengatur penangguhan tanggung jawab orang tua dan kemungkinan penempatan anak di bawah umur itu sendiri dalam struktur.

Mahkamah Agung sebenarnya, dengan perintah n. 10777 tertanggal 17 April 2019, menerima imbauan seorang ibu yang meminta kembali penempatan anak-anaknya.

Orientasi baru memodifikasi yurisprudensi sebelumnya (khususnya ditentukan oleh kalimat no 4614 tanggal 7 Mei 1998), menetapkan bahwa semua tindakan ablatif atau membatasi yang campur tangan pada tanggung jawab orang tua yang dikeluarkan oleh otoritas peradilan anak sesuai dengan seni. 330, 333 dan 336 cod. civ., bahkan jika sifatnya tidak sepenuhnya kontroversial, mereka cenderung dianggap rebus sic stantibus, karena tidak dapat dicabut atau diubah, kecuali jika ada fakta baru yang mengintervensi.

Perlu dicatat bahwa ketentuan ablatif atau pembatasan tanggung jawab orang tua mempengaruhi hak-hak yang bersifat sangat pribadi dari peringkat konstitusional, dan oleh karena itu harus segera dapat diklaim kembali.

Dalam kasus khusus, dianggap bahwa ketentuan Juvenile Court of Trieste – yang memerintahkan penangguhan tanggung jawab orang tua ibu dan penempatan anak-anak di bawah umur dalam suatu struktur – sudah mampu menghasilkan efek merugikan secara substansial bagi anak di bawah umur (bahkan jika tindakan itu diambil dalam konteks prosedur yang masih berlangsung), justru karena akibat langsung yang akan terjadi pada hubungan antara anak di bawah umur dan ibu.

Untuk membaca teks lengkap dari ordonansi klik di sini.